img

KKN - PPKM 2021

M Maulana S 15-08-2021

Kepada yang terhormat Rektor Universitas Winaya Mukti. Yth. Wakil Rektor I dan II.

Yth. Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Ketua LPPM, Ketua SPMI, Ketua LKPKM, Kabiro Akademik dan Non Akademik, , Divisi Humas, Kaprodi Agribisnis, Kaprodi Agroteknologi, Kabag. Admik dan Non Admik, serta bpk/ibu dosen Fakultas Pertanian yang telah hadir memenuhi undangan kami. Assalamualaikum wr.wb.

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang, karena atas karuniaNya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Fakultas Pertanian Tahun  Akademik 2020/2021 untuk mahasiswa Angkatan 2018, dapat kita persiapkan dengan baik, meskipun dibatasi oleh adanya peratuan pemerintah untuk melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat),  dan waktu persiapkan  yang sangat sempit. KKN inipun untuk menanggapi apa yang telah dicanangkan oleh Mendikbud tentang Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dimana untuk meningkatkan kompetensi lulusan , baik soft skill maupun hard skill, dan agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan jaman, perguruan tinggi harus menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian, dengan membuat program–program yang experiental learning  dengan cara yang fleksibel, dan diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa, dalam mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya masing-masing. Merujuk pada visi dan misi fakultas Pertanian, bahwa para lulusan  fakultas pertanian harus    memiliki keahlian profesi yang sesuai dalam bidangnya,  juga agar para lulusan  memiliki pengalaman dalam kegiatan di tengah masyarakat,  maka kkn kali ini diberi tema Kuliah Kerja Nyata Terbatas dengan Semangat Tak Berbatas “  artinya mahasiswa harus memiliki semangat meskipun di dalam kondisi keterbatasan.

 Dalam pelaksanaan kkn ini, Fakultas Pertanian bekerjasama dengan  Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  Universitas Winaya Mukti.

Berbeda dengan kkn yang dilakukan Tahun 2020 kemarin,  kkn kali ini  dikhususkan dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, dimana mahasiswa akan belajar berbaur dengan masyarakat untuk menggali pemasalahan ataupun ikut berpartisipasi dalam kegiatan di desa tempat para mahasiswa berdomisili saat ini. Kegiatan kkn kali ini juga dilakukan secara hybrid activity, yaitu dilakukan secara online maupun offline.

Perlu saya sampaikan bahwa mahasiwa yang sudah mendaftar sebanyak 45 orang  : Prodi  Agroteknologi sebanyak 24 orang, dan Prodi Agribisnis sebanyak 21 orang,  dengan jumlah Dosen Pembimbing sebanyak 33 orang. Ahirnya kami berharap semoga apa yang kita rencanakan dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, dan kita dapat bekerjasama dengan solid, untuk mencapai tujuan bersama yang mulia ini. Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumedang, 16 Agustus 2021, Ketua Panitia, Dra. Ana Yohana, M.P.